Pembelajaran apa pun, termasuk bahasa, sebenarnya dapat diterapkan
sedari usia dini. Hanya saja proses pembelajarannya ini harus dengan
emmerhatikan faktor-faktor yang melekat pada anak usia dini.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengajarkan bahasa pada anak-anak:
- Tidak dicampur aduk
Pembelajaran
bahasa asing harus dilakukan secara benar agar anak betul-betul
memahaminya. Bahasa yang digunakan tidak dicampur aduk. Bila kita
mengajak bayi bercakap-cakap dalam bahasa Inggris, maka kita harus
menggunakan bahasa Inggris sampai percakapan tersebut selesai.
Jangan dicampur aduk dalam satu kalimat, misalnya "Hai Rene, let's eat with Mama. Ayo, sit sebelah Mama, ya! atau "Then Mama akan suapin kamu," atau "So we eat together. Makan yang banyak ya!"
- Konsisten
Jika
Mama Papa sudah memilih menggunakan bahasa asing, gunakan bahasa
tersebut terus-menerus. Kecuali pada situasi tertentu, kita bisa
melakukan kesepakatan untuk menggunakan bahasa lain. Idealnya, kita
tentukan siapa yang berbahasa Inggris, Indonesia, atau bahasa daerah di
rumah. Misalnya, Papa berbahasa Inggris, Mama berbahasa daerah, dan
pengasuh berbahasa Indonesia. Diharapkan pemahaman bahasa asing anak
akan lebih baik.
- Perhatikan struktur bahasa
Jika memutuskan mengajari anak bahasa asing sebaiknya lakukan sungguh-sungguh dengan memerhatikan grammar atau struktur bahasa dan vocabulary
atau pengucapannya. Jadi, keakuratan dalam berbahasa (pelafalan, tata
bahasa) untuk memberikan contoh yang benar. Dengan begitu anak menerima
pelajaran secara lengkap.
Dengan kemampuan bahasa yang
terstruktur baik tata bahasa dan pengucapannya tentu membuat kemampuan
berbahasa asing anak jauh lebih baik.
- Memperbanyak saluran pembawa bahasa
Misalnya,
dengan menyanyikan lagu-lagu dalam bahasa tersebut, bercerita, membaca
buku-buku, menonton film, percakapan, yang semuanya dalam bahasa tujuan.
Memberikan waktu khusus untuk berbahasa Inggris, misalnya, waktu sedang
makan malam, ketika berjalan-jalan di mal, dalam perjalanan dari
sekolah ke rumah, dan lain-lain.
- Hal penting lainnya
Proses
pentransferan bahasa secara alamiah/pemerolehan sesuai kebutuhan
berkomunikasi anak dengan lingkungannya. Selain itu, memahami bahwa anak
berbeda dari orang dewasa, sehingga pendekatan, metode, dan tekniknya
disesuaikan dengan usia mereka atau dengan cara bermain yang
menyenangkan.
http://female.kompas.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar