Jangan senang dulu jika perusahaan memberi Anda perangkat gadget canggih. Hidup Anda bisa-bisa terganggu karena setiap waktu harus menerima e-mail
mengenai pekerjaan. Jam kerja Anda pun tak jelas lagi karena tengah
malam dan akhir pekan pun Anda masih harus mengurusi pekerjaan.
Dalam
sebuah penelitian terungkap, lebih dari separuh karyawan merasa beban
kerja mereka semakin tinggi. Tak mengherankan jika 33 persen responden
mengaku langsung memikirkan pekerjaan begitu bangun tidur dan 75 persen
menjawab masih memikirkan pekerjaan sampai mereka tidur malam.
Para
karyawan yang tak bisa lagi membedakan mana waktu bekerja dan waktu
untuk beristirahat pada umumnya kurang bahagia, kurang sehat, dan bisa
memicu mereka pada perilaku kecanduan.
Tak mau hidup Anda terganggu oleh pekerjaan? Ikuti tips berikut:
1. Bekerja efisien
Jam
kerja yang panjang di kantor tak berarti kita akan lebih produktif.
Karena itu, jangan jadikan waktu kerja sebagai barometer efektivitas
kerja. Bukan hal terlarang untuk melakukan sesuatu secara efisien; jika
Anda bisa memberi hasil yang sama dalam 8 jam dibanding 10 jam, belum
lagi bisa punya tambahan waktu bersama keluarga, maka lakukanlah.
2. Ambil jeda
Sebuah
penelitian menunjukkan, bekerja terus menerus ternyata bisa mengganggu
kemampuan kita untuk fokus. Karena itu jangan segan mengambil jeda di
sela pekerjaan. Bahkan, mengambil jeda akan membuat kita bekerja lebih
baik. Di kantor Anda bisa jeda sebentar setiap 10 menit, sementara di
rumah matikan perangkat kerja Anda pada hari Minggu, misalnya.
3. Bergeraklah
Berbagai
studi menunjukkan, olahraga teratur akan mengurangi stres. Para ahli
berpendapat, olahraga adalah cara terbaik untuk secara psikologis
melepaskan diri dari pekerjaan.
http://female.kompas.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar