Pekerjaan memang tidak pernah usai, jadi tak perlu dirisaukan. Meski
begitu, pekerjaan yang amat padat tidak menjadi alasan untuk tidak mampu
memanjakan diri sendiri dan tetap menjalani hubungan sosial dengan
keluarga serta kerabat.
Bagi mereka yang sudah berkeluarga,
membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga bukanlah hal mudah. Dalam
hal ini, manajemen waktu menjadi prioritas utama dalam bekerja. Yang
kerap ditemui, banyak orang tidak fokus mengerjakan satu demi satu
pekerjaan sehingga banyak waktu terbuang tanpa ada satu pun pekerjaan
yang terselesaikan.
Oleh karena itu, tak ada salahnya membuat
jadwal pekerjaan per hari dan target mingguan yang harus diselesaikan.
Urutkan pekerjaan berdasarkan tingkat prioritas dan tenggat waktunya.
Atur dengan tepat berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk makan siang
maupun rehat sejenak agar konsentrasi tetap terjaga. Terlalu lama
beristirahat akan membuang waktu kerja, tetapi tidak beristirahat sama
sekali juga tidak baik untuk kesehatan tubuh serta kebugaran otak.
Efektivitas
kerja juga dipengaruhi dari kemampuan Anda bekerja dengan penuh
konsentrasi. Oleh karena itu, singkirkan segala bentuk yang bisa menjadi
pengganggu. Usahakan untuk tidak mengintip e-mail pribadi yang
tidak ada hubungannya dengan pekerjaan terlalu lama atau membuka situs
jejaring sosial sehingga tak banyak waktu terbuang percuma.
Bekerja
efektif meminimalkan kemungkinan membawa sisa pekerjaan ke rumah. Anda
juga perlu menjalin hubungan dan komunikasi dengan anggota keluarga
lainnya demi keharmonisan keluarga. Kalaupun harus membawa pekerjaan ke
rumah, Anda bisa menyiasatinya dengan menunggu setelah anak tertidur.
Cara
lainnya, bekerja di rumah bisa menjadi "kegiatan bersama". Anak-anak
belajar atau mengerjakan PR, Anda menyelesaikan pekerjaan. Lakukan di
ruangan yang sama jika memungkinkan sehingga kebersamaan tetap terasa.
Kalaupun
sudah membawa pulang pekerjaan di hari kaerja, bersikaplah disiplin
dengan diri sendiri untuk tidak bekerja di akhir pekan. Hal ini penting
untuk menjaga kebugaran bagi tubuh serta lepas dari beban stres.
Menyeimbangkan hidup dengan manajemen waktu yang baik tanpa disadari
merupakan bekal untuk tetap mampu hidup produktif.
Anda pun tak
perlu mengorbankan pilihan antara bekerja dan menikmati hidup. Keduanya
bisa berjalan beriringan selagi pintar menyiasati. (ADT)
Sumber: Kompas Cetak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar