Lulus kuliah, mencari kerja, dan memulai petualangan sebagai
karyawan. Hal ini banyak dialami kalangan pekerja dengan berbagai
ceritanya masing-masing. Ada yang mulus saja menjalaninya, langsung
menemukan tempat kerja yang membuatnya nyaman dan loyal, namun ada juga
yang harus melewati perjalanan panjang. Berpindah kerja dari perusahaan
kecil ke perusahaan besar. Atau dari perusahaan nasional ke
multinasional atau sebaliknya. Demi mendapatkan kenyamanan.
Bagi
yang kerap pindah kerja, banyak orang yang kemudian ia temukan dalam
kehidupannya. Berganti bos, rekan kerja, relasi dan berbagai hal yang
selalu berbeda cerita. Tak ada yang pasti kecuali perubahan. Pribadi
yang menjalani cerita kehidupannya seperti ini, semakin akrab dengan
perubahan. Tak ada yang salah dengan perubahan, namun penting bagi
pribadi yang berkutat dengan pekerjaan untuk segera menemukan pekerjaan
terbaik yang cocok dengan kepribadian dan gaya hidupnya.
Ada
waktunya untuk segera membuat keputusan, apa yang terbaik dalam hal
pekerjaan. Keputusan penting dalam hidup tak hanya menyangkut dengan
siapa Anda akan menikah atau hal apa yang ingin Anda pelajari saat
memutuskan kuliah lagi misalnya. Dengan siapa Anda bekerja dan bagaimana
interaksi yang terjadi dalam menjalani pekerjaan tersebut, juga penting
untuk diperhatikan. Anda perlu membuat keputusan dengan siapa Anda
ingin bekerja dan interaksi seperti apa yang diinginkan.
Menemukan
pekerjaan yang cocok, termasuk rekan kerja, atasan dan gaya interaksi
yang terjadi di dalamnya penting karena Anda menghabiskan banyak waktu
di kantor dengan semua hal ini. Pasalnya, Anda harus membuat kesepakatan
bersama mereka terkait pekerjaan, Anda juga harus memahami bahasa
mereka, dan Anda pun harus memberikan kontribusi nyata untuk tempat Anda
bekerja. Aktivitas harian Anda di kantor diwarnai oleh hubungan yang
terjalin di dalamnya, dan norma yang mengatur hubungan ini.
Karenanya,
segera temukan sosok yang tepat, baik rekan/tim kerja dan atasan, juga
mentor di perusahaan tempat Anda bekerja. Lalu, dengan bersikap terbuka,
jujur, loyal, Anda akan merasa lebih nyaman di tempat kerja, tak lagi
berpindah-pindah dan tak harus selalu menyesuaikan diri dengan perubahan
baru.
Kalau Anda tak juga menemukan sosok ini, atau rekan/tim
kerja juga atasan tidak terbuka, tidak jujur, tak loyal, hanya ada dua
pilihan: tinggalkan atau berusaha menyesuaikan dengan keadaan dengan
cara terbaik yang Anda bisa temukan.
Bagaimana pun
mengorganisasikan manusia merupakan hal yang kompleks. Bagaimana pola
hubungan dengan orang-orang di sekitar Anda itulah yang akan membawa
Anda menuju satu tujuan, apakah hubungan kerja ini membawa Anda pada hal
yang Anda inginkan, atau sebaliknya hubungan yang terbangun justru
membuat Anda semakin jauh dari keinginan dalam bekerja.
Bagaimana
menurut Anda? Apakah menemukan pekerjaan/tim kerja yang sesuai
keinginan menjadi misi utama untuk meraih keberhasilan, atau justru Anda
berpikir sebaliknya, tak ada pekerjaan atau tempat bekerja yang sesuai
keinginan, dan yang hanya bisa dilakukan adalah pintar-pintar
menyesuaikan diri?
Sumber: huffingtonpost.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar